Designer Fulltime VS Freelance

Designer Fulltime VS Freelance




Assalaamualaikum guys !
yuhuuy balik lagi sama mimim arini, kali ini admin mau bahas perbedaan sebagai designer graphic full time ke kantor dan freelance graphic designer berdasarkan pengalamanku. Oke jadi ceritanya nih admin sudah menempuh kuliah di DKV UM alhamdulillah tepat waktu. Pastinya ndak semudah yang dibayangkan :". Sama seperti pejuang skripsi lain selalu ada hambatan, godaan,cobaan dan tentunya kelancaran, pokok di syukuri saja. Semoga yang masih berjuang skripsi semoga dipermudahkan dan segera lulus kawan-kawanku #peyukjauh.

Oke balik ke topik. Semenjak kuliah di DKV admin sudah ngefreelance, sampe sekarang masih tapi porsinya lebih sedikit dibandingkan dengan kuliah dulu. :" aku belom sanggup mengontrol waktu guys, pulang kerja tepar mulu. Jadi sekarang admin kerja di agency design "Markaz Design" yang berlokasi di Sidoarjo. Agency design ini memfokuskan untuk membantu kalangan UMKM dan Konsultasi Bisnis. Wouhh enak ndak tuh dibantu bikin usaha sekaligus designya. Hampir 3 bulan admin berkerja disana. 
Selama menjadi desainer yang full time ngantor enaknya project2 yang kita kerjain jadi cepet selesai (?).
Di kantor komunikasi dengan creative director dan client berjalan mulus, karena bisa komunikasi secara langsung. Jadi semisal ada revisi dari client ataupun creative director jarang banget missing communication, pengerjaan jadi lebih cepet. Selain itu guys klo di kantor tekanannya uwwooowwwww, mau ndak mau kita kudu selesai project atau harus ada preview design ke creative director so, jadi kerjaan harus buru2 dikerjain. 

Kalau dulu ketika full ngefreelance nyari yang namanya ide, lamaaaaa bener kadang harus sampe rebahan, makan, jalan-jalan, pup ehehehe baru deh yang namanya ide muncul. Beda banget kalau di kantor justru yang namanya ide itu kita ciptakan bukan kita cari. Maksudnya gimana nih min?
jadi begini sobat2 sebenarnya ide itu selalu ada ketika kita udah dapet project pasti itu, setelah mendapatkan brief kita pasti ada banyangan designya mau dibikin kyk apa, CUMAAAAAA sifat perfeksionis bikin designya mau UWWOOOOO maunya out off the box tapi kitanya males-malesan :". Beda kalau dikantor mau males malesan ada atasan, ada temen-temen yang fokus banget ngerjain, yeee masak kita leyeh2 (?) auto di depak dari kantor ehehehe. Dari sinilah admin berusaha memciptakan ide dari banyangan tadi, langsung dikerjain, terus di olah2 sampai menemukan yang ciamik yang UWWOOOO. 

Dari admin pribadi, kerja di kantor membuat kita lebih-lebih produktif dari pada dirumah. Ini kalau admin yah, meskipun kalau freelance tetep sesuai deadline tapi rasa melawan malesnya ini yang susah banget. Kalau masalah gaji semua itu tergantung kitanya yah, rezeki yang udah didapet dari Allah kalau kita merasa kecukupan InsyaAllah ndak bakal kekurangan. Meskipun gaji yang di dapet dari freelance terkadang ndak sebanyak kerja di kantor yang tiap bulan gajian. Tapi percayalah semua itu tergantung kitanya, mau banyak uang berarti harus ekstra kerjanya, ngerjain banyak project ini kalau freelance. Kalau kerja di kantor, yuk maksimalkan potensi kita dalam kerjaan, dan terus belajar.

Oke sekian dulu cuap cuap kita :))
semoga permanfaat yah ! share pengalaman kalian kerja dums di kolom komentar yah !
Wassalaamualikum   

No comments:

Powered by Blogger.